MENGOLAH TERONG POKAK MENJADI BROWNIES DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI

MENGOLAH TERONG POKAK MENJADI BROWNIES DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI
Oleh:
Azzy Zalma
 Endah Nuari Putri
Erika Nasya Armita
SMA Negeri 1 Sambit, Ponorogo
Jl. Raya Ponorogo-Trenggalek
Abstract- sejak jaman dahulu, orang sudah mengolah  terong takokak atau terong pokak untuk dijadikan jamu atau campuran sayuran. Sebenarnya terong ini memiliki banyak khasiat,  namun demikian hanya sedikit orang yang memanfaatkannya karena rasanya yang getir. Biasanya terong pokak hanya diolah menjadi botok. Melihat banyaknya khasiat dari terong pokak ini  kami bermaksud mengolahnya menjadi makanan modern yaitu brownis. Harapannya orang dapat menikmatinya sekaligus mengambil manfaatnya. Saat ini banyak sekali penikmat brownis karena rasanya yang manis.
Berdasarkan deskripsi di atas, dalam penelitian ini penulis mengkombinasikan brownis dengan terong pokak agar tercipta suatu produk makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dengan rasa yang khas.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai pengembangan dan pemanfaatan sumber daya lokal khususnya terong pokak agar lebih banyak diketahui manfaatnya dan juga sebagai metode untuk meningkatkan kualitas bahan pangan. Selain itu juga untuk mengeksplorasi sumber kekayaan pangan yang kaya akan kasiat bagi kesehatan dan mengolahnya menjadi produk modern yang lebih menarik, tanpa menghilangkan kandungan manfaat yang ada di dalamnya.

Pendahuluan
1.      Latar Belakang
            Saat ini ketahanan pangan nasional dan masalah kesehatan menjadi isu yang sedang hangat dibahas dalam berbagai forum. Indonesia sebagai Negara agraris dengan kondisi tanah yang subur menyediakan berbagai macam tanaman yang sudah sejak jaman dahulu dapat dikonsumsi. Salah satu jenis tanaman tersebut adalah terong pokak. Jenis terong ini kurang diminati masyarakat karena tidak banyak orang yang tahu cara pengolahannya. Sebagian besar masyarakat mengolah terong pokak menjadi ‘bothok’ atau untuk campuran sayuran. Budi daya terong ini juga tidak banyak dilakukan orang. Padahal perkembangbiakan terong ini sangat mudah.
            Tidak optimnalnya budidaya terong pokak disebabkan oleh tiga factor. Yang pertama, daya jual produk ini rendah sehingga jarang orang yang menanam terong ini. Kebanyakan mereka menanam terong ini hanya untuk dikonsumsi sendiri. Persoalan kedua adalah terkait masalah pengolahan terong ini yang masih tradisional dan kurang variatif sehingga kurang memiliki daya Tarik. Ketiga, rasa getir pada terong ini menjadikan tanaman ini kurang diminati masyarakat.
            Berawal dari persoalan di atas, penulis bermaksud meningkatkan daya jual terong pokak dengan cara memberi nilai tambah pada tanaman ini dengan mengolahnya menjadi ‘brownies’. Agar brownies ini memiliki nilai tambah dan diharapkan meningkatkan nilai jualnya, dalam penelitian ini ditambah bahannya denag terong pokak. Dengan kombinasi ini brownies yang dihasilkan tidak hanya berasa enak dan membuat kita kenyang tapi juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bahkan bisa untuk obat karena kandungan yang terdapat dalam terong pokak sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Rasa getir pada terong pokak bisa dinetralisir dengan daun jambu biji. Sehingga masalah rasa ini dapat diatasi. Dari uraian di atas penulis mengadakan penelitian Mengolah Terong Pokak menjadi Brownies dengan Ekstrak Daun Jambu biji.
2.      Perumusan Masalah
1.      Apa manfaat terong pokak bagi kesehatan?
2.      Bagaimana cara mengolah terong pokak menjadi brownies ?
3.      Apa keunggulan Brownies terong pokak?
3.      Tujuan penulisan
1.      Mengetahui manfaat terong pokak
2.      Menemukan cara  bagaimana mengolah terong pokak menjadi brownies
3.      Menjelaskan keunggulan brownies terong pokak
B. Tinjauan Pustaka
1. Sekilas Tentang Terong Pokak
Terong pokak atau Takokak disebut juga  terong pipit (solanum torvum sw.) adalah tumbuhan dari suku terong-terongan (solanacae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu. Buah yang rasanya getir dan bentuknya mirip terong ini sudah tidak asing lagi di masyarakat, Terong ini dapat hidup dimana saja, dan biasanya tumbuh liar di pekarangan.
Brownis adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, jika dilihat dari kandungan bahan untuk membuatnya. Untuk memenuhi kandungan karbohidrat, brownis bisa menjadi salah satu alternatif bagi sesorang dalam menjalani proses pengurusan badan. Sehingga kandungan karbohidrat dalam tubuh masih tetap terjaga. Makanan ini banyak diminati oleh semua kalangan. Anak – anak, orang tua dan juga remaja. Karena selain berfungsi sebagai makanan  mengenyangkan, brownis juga bisa di jadikan sebagai obat. (http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-takokak-obat-mata-minus-penyakit.html)
2.        Manfaat Terong Pokak
Menurut sumber informasi yang terdapat dalam web site ini http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-takokak-obat-mata-minus-penyakit.html terong pokak memiliki manfaat sebagai berikut:
1.      Tulang keropos (Osteoporosis), untuk menguatkan tulang, buatlah ramuan tradisional dari bahan alami. Ambil buah takokak dan kacang kedelai, masing-masing sebanyak 100 gram. Anda dapat memasak kedua bahan sesuai selera anda, seperti sup atau lainnya
2.       Bisul dan koreng pada kulit,tak perlu risau dengan penyakit kulit seperti bisul dan korengan. Petik 3 helai daun pokak, tumbuk atau giling hingga lembut. Terapkan pada bisul di kulit. Ulangi cara ini, 3 kali dalam sehari.
3.       Asam urat tinggi Untuk menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi, siapkan 100 gram buah nanas dan takokak. Tambahkan rebon (sejenis udang kecil), kemudian ditumis hingga matang. Masakan ini dapat dikonsumsi setiap hari.
4.      Keracunan makanan Untuk menetralkan racun yang berasal dari makanan tertentu, siapkan 20 gram daun dewa dan 30 gram buah cepoka. Keduanya direbus dengan 600 ml air, sampai airnya menyusut 300 ml. Minum dengan rutin, dua kali dalam sehari.
5.      Penyakit liver Obati penyakit liver dengan bahan alami. Panaskan 2 gelas air di atas kompor, masukkan 60 gram tanaman takokak. Angkat setelah airnya tersisa satu gelas. Minum airnya yang masih hangat setiap hari, sampai sembuh.
C. Metode Penulisan
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah brownies, sedangkan variable terikatnya adalah terong pokak. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan wawancara mendalam (in depth interview). Selain itu data  juga dikumpulkan dengan kajian pustaka. Teknik anallisis data dilakukan setelah hasil pengamatan (observasi), interview dan kajian pustaka terkumpul. Setelah data terkumpul dilakukan reduksi data dan selanjutnya dibuat ferifikasi data (Kesimpulan).
D. Pembahasan
Berikut adalah penjelasan tentang hasil penelitian cara mengolah terong pokak menjadi brownies.
Bahan-Bahan:
1.      250 gr tepung terigu
2.      100 gr  terong pokak
3.       12 butir telor
4.      450 gr gula
5.      100 gr tepung coklat
6.      200 gr coklat black
7.      350 ml minyak goreng
8.      1 sdm SP
9.      Daun jambu 3 lembar
Langkah-Langkah :
1.      Mengolah terong pokak : Remas-remas 100 gram terong pokak  dengan garam lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas.  Lalu terong pokak direbus dengan 3 lembar daun, karena daun  jambu berfungsi untuk menghilangkan rasa getir. Rebuslah terong pokak sampai matang dan jangan terlalu lama. Setelah itu terong dihaluskan.
2.      Cairkan coklat black, dengan cara dipotong kecil-kecil, kemudian dipanaskan pada teflon.
3.      Campurkan tepung terigu, terong pokak dan tepung coklat, aduk hingga merata
4.      Kocok telur, gula, SP menggunakan mixer pada kecepatan tinggi sampai mengembang atau berwarna putih
5.      Masukkan campuran tepung terigu, terong pokak, dan tepung coklat aduk hingga merata.
6.      Tambahkan minyak aduk hingga merata
7.      Tambahkan coklat black yang telah cair, aduk hingga merata.
8.      Kemudian, masukkan adonan yang telah jadi ke dalam loyang / loyang sesuai selera.
9.      Kukus hingga matang.
10.  Setelah matang angkat dan tiriskan, lalu beri brownis toping sesuai selera.
Brownis terong pokak siap dihidangkan
Sumber asli: http://www.kinisehat.com/2016/03/manfaat-takokak-obat-mata-minus-penyakit.html
E. Penutup
1. Kesimpulan
            Dari uraian pada bagian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa
a.       Manfaat terong pokak bagi kesehatan sangat banyak, antara lain dapat mengobati sakit gigi, sakit perut, penawar racun, mengurangi pegal-pegal, menurunkan demam dan peluruh kencing.
b.      Cara mengolah terong pokak menjadi brownies sama dengan membuat brownies seperti biasanya. Yang berbeda disini adalah mengolah terong pokak agar hilang rasa getirnya tapi tidak mengurangi kandungan khasiat dari terong pokak tersebut.
c.       Keunggulan brownies terong pokak selain memberi manfaat untuk menjaga kesehatan, juga tanaman ini mudah dibudidayakan serta murah harganya.
2. Saran
            Dari hasil penelitian di atas penulis menyarankan agar ada penelitian lanjutan untuk mengemas produk olahan terong pokak ini bisa bertahan lama. Selanjutnya juga disarankan untuk mencoba mengolah terong pokak ini menjadi bentuk olahan lain. Mengingat banyaknya manfaat dari terong pokak disarankan agar masyarakat mengkonsumsi brownies terong pokak secara rutin.
Daftar Pustaka
Arifianto, Anto H., Agustina Verawati, Ria Anggraini 2017. Macam-Macam Penelitian Eksperimen









Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGOLAH BUNGA PEPAYA MENJADI NUGGET DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN 2017