MENGOLAH BUNGA PEPAYA MENJADI NUGGET DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU

MENGOLAH BUNGA PEPAYA MENJADI NUGGET DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU

OLEH:
RUDI ARISTANTO
LUDFI MURTADHA SAFIQ
AHMAD TAUFIK DAROINI

A. Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Sejak jaman dahulu bunga papaya telah banyak digunakan orang sebagai jamu maupun dikonsumsi sebagai campuran sayur.  Mereka punya anggapan bahwa bunga papaya memiliki begitu banyak khasiat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Secara konvensional pengolahan bunga papaya sangat sederhana yaitu hanya dengan direbus saja dan  air rebusan bunga papaya tersebut dikonsumsi sebagai minuman jamu. Sebagian mencampurkan bunga papaya dengan daun papaya untuk sayur. Tapi rasa pahit daun tadi tidak sepenuhnya hilang. Dengan pengolahan seperti ini menyebabkan banyak orang yang kurang  suka mengkonsumsi jamu ataupun olahan tradisional lain dari bunga papaya.  Hal itu dikarenakan  rasanya yang pahit walaupun  khasiat yang ada didalam bunga papaya sangat baik untuk kesehatan.
Berawal dari kondisi di atas, kami memiliki pemikiran untuk  membuat inovasi mengolah bunga papaya tersebut dengan cara modern, yaitu dengan dibuat menjadi nugget. Ada beberpa alasan untuk ini. Pertama, Nugget di gemari banyak orang terutama untuk anak-anak. Kedua, kemasan nugget lebih menarik dari pada berbentuk minuman jamu. Selanjutnya, pemasaran produk nugget lebih mudah dan lebih profit sehingga secara ekonomis dapat meningkatkan nilai jual produk tersebut. Dengan demikian mengombinasikan nugget dengan bunga papaya tentu akan tercipta suatu produk makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dengan rasa yang baru.
Berdasarkan latar belakang di atas peneliti bermaksud menemukan suatau cara mengolah bunga papaya menjadi nugget yang lezat tanpa menghilangkan kandungan nilai manfaatnya untuk kesehatan.


2.      Perumusan Masalah
1.      Apa manfaat bunga papaya bagi kesehatan?
2.      Bagaimana cara mengolah bunga papaya menjadi nugget ?
3.      Apa keunggulan nugget bunga papaya?
3.      Tujuan penulisan
1.      Mengetahui manfaat bunga papaya
2.      Menemukan cara  bagaimana mengolah bunga papaya menjadi nugget
3.      Menjelaskan keunggulan nugget bunga papaya
B. Tinjauan Pustaka
1. Gambaran Umum Bunga Pepaya
Bunga pepaya termasuk bunga majemuk yang tersusun pada sebuah tangkai atau poros bunga (pedunculus). Kelompok bunga majemuk tersebut disebut infloresensia yang duduk pada ketiak daun.Tanaman pepaya memiliki tiga jenis bunga, yaitu bunga jantan (masculus), bunga betina (femineus), dan bunga sempurna (hermaprodit). (diakses 9 Agustus 2017 dari https://warasfarm.wordpress.com/2013/11/18/mengenal-jenis-jenis-bunga-pepaya/)
Bunga papaya saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. Pemanfaatannya sebatas untuk jamu dan itupun diolah secara tradisional. Dalam penelitian ini penulis bermaksud meningkatkan daya guna bunga papaya menjadi makanan yang layak konsumsi dengan kemasan modernis. Untuk itulah penulis mencoba mengolah bunga papaya menjadi nugget.
Nugget merupakan salah satu bentuk produk  makanan beku siap saji, yaitu produk  yang telah  mengalami pemanasan sampai setengah matang (precooked), kemudian dibekukan. Produk beku siap saji ini hanya memerlukan waktu penggorengan selama 1 menit pada suhu 150º C. Tekstur nugget  tergantung dari bahan asalnya. Nugget merupakan suatu bentuk produk olahan daging yang terbuat dari daging giling yang dicetak dalam bentuk potongan empat persegi. Potongan ini kemudian dilapisi tepung berbumbu (battered dan breaded). Nugget dikonsumsi setelah proses penggorengan rendam (deep frying). (diakses 9 Agustus 2017 dari https://indarwatisite.wordpress.com/laporan-pembuatan-nugget/)

2.      Manfaat Bunga Pepaya
Menurut informasi yang terdapat dalam http://manfaatsehat.id/manfaat-bunga-pepaya/ (diakses 11 Agustus 2017) bunga papaya memiliki manfaat sebagai berikut:


a.      Melancarkan Sistem Pencernaan
b.      Kandungan senyawa tannin dalam bunga pepaya dapat memperlancar jalannya sistem pencernaan, dan membantu organ pencernaan berfungsi dengan baik. dengan lancarnya sistem pencernaan maka penyerapan gizi juga akan berjalan optimal.
c.       Menangkal Radikal Bebas
Aktivitas yang padat dan sering terpapar polusi dapat membuat fungsi organ tubuh terganggu, bahkan memperbesar peluang munculnya sel kanker.
d.   Mencegah Penyakit Kanker
Selain flavonoid, bunga pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat menetralisir racun dalam tubuh, termasuk zat kimia yang terkandung dalam makanan.
e.         Meningkatkan Nafsu Makan
Jika Anda merasa tidak memiliki selera makan, cobalah mengkonsumsi masakan tumis bunga pepaya. Segera setelah memakannya nafsu makan yang hilang akan segera kembali.
f.     Melancarkan Peredaran Darah
Berbagai kandungan senyawa dalam bunga pepaya dapat memperbaiki sirkulasi darah sehingga peredaran darah akan menjadi lancar.
g.      Mengatasi Obesitas
Bunga pepaya mengandung cukup serat dan beberapa vitamin yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serat akan mengikat kotoran dan lemak berlebih pada usus dan membuangnya bersama feses.
h.      Mengobati Penyakit Diabetes
 kandungan senyawa dalam bunga pepaya dapat meningkatkan produksi insulin yang mengontrol kadar gula dalam darah.

C. Metode Penelitian
            Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah nugget, sedangkan variable terikatnya adalah bunga papaya. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan wawancara mendalam (in depth interview). Selain itu data  juga dikumpulkan dengan kajian pustaka. Anallisis data dilakukan setelah hasil pengamatan (observasi), interview dan kajian pustaka terkumpul. Setelah data terkumpul dilakukan reduksi data dan selanjutnya dibuat ferifikasi data (Kesimpulan).


D. Pembahasan
            Dari hasil eksperimen dapat dijelaskan secara singkat berikut cara mengolah bunga papaya menjadi nugget.
1.        Cara Mengolah Bunga Pepaya
Ada beberapa tahap untuk mengolah bunga papaya. Pertama, Remas-remas 50 gram bunga  papaya dengan garam lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas. Setelah itu maka rasa pahit dari bunga pepaya akan hilang. Selanjutnya, rebus bunga papaya lalu masukkan daun jambu. Daun  jambu ini berfungsi untuk meyerap rasa pahit dari bunga papaya. Daun jambu ini merupakan ide kreatif untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga papaya. Tapi perlu diingat, jangan rebus terlalu lama karena di khawatirkan menghilangkan khasiat dari bunga papaya.
Sedangkan untuk mengolah bunga papaya menjaddi nugget, diperlukan bahan-bahan sebagai berikut:
  1. 50 gram bunga papaya yang sudah diolah
  2. 80 gram Bawang Bombay
  3. 100 gram Daging Ayam
  4. 4 butir Telur
  5. 100 gram Tepung Terigu
  6. 100 ml Air
  7. 4 buah bawang merah
  8. Daun bawang merah
  9. 2 sendok teh Garam
  10. 1 sendok teh Lada (Merica)
  11. 1 sendok teh Gula Pasir
  12. 4 siung Bawang Putih :
  13. 50 gram Tepung Terigu
  14. 100 ml Air
  15. 100 gram Tepung Panir
  16. Minyak Goreng secukupnya
2. Langkah Mengolah Bunga Papaya Menjadi Nugget
      Berikut langkah-langkah mengolah bunga papaya menjadi nugget:
1.      Siapkan bahan-bahan,bunga pepaya, bawang merah,bawang putih dan daging ayam.
2.      Campur terigu, air, lada, garam, kaldu bubuk,gula. Aduk sampai tercampur rata, kemudian masukkan telur. Aduk-aduk kembali sampai tercampur.
3.      Siapkan loyang yang sudah dioles mentega dan di dasar loyang letakkan plastik (plastik khusus untuk tahan panas). Masukkan adonan nugget, kemudian kukus selama 30 menit
4.      Kukus selama 30 menit
5.      Setelah matang, dinginkan, lalu potong sesuai selera.
6.      Siapkan tepung panir dan bahan pencelup. Bahan pencelup : campuran antara air 150 ml dengan terigu 50 gram.
7.      Masukkan potongan nugget ke dalam bahan pencelup kemudian lumuri dengan tepung panir.
8.      Goreng dengan api sedang sampai matang.
9.      Nugget bunga pepaya siap dihidangkan.
E. Penutup
1. Kesimpulan
            Dari uraian pada bagian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa
a.       Manfaat bunga papaya bagi kesehatan sangat banyak, antara lain melancarkan system pencernakan, menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kanker, meningkatkan nafsu makan, melancarkan peredaran darah, mengobati obesitas dan diabetes.
b.      Cara mengolah bunga papaya menjadi nugget sama dengan membuat nugget seperti biasanya. Yang berbeda disini adalah mengolah bunga papaya agar hilang rasa pahitnya tapi tidak mengurangi kandungan khasiat dari bunga papaya tersebut.
c.       Keunggulan nugget bunga papaya selain memberi manfaat untuk menjaga kesehatan, juga bahan ini mudah didapat serta murah harganya.
2. Saran
            Dari hasil penelitian di atas penulis menyarankan agar ada penelitian lanjutan untuk mengemas produk olahan bunga papaya ini bisa bertahan lama. Selanjutnya juga disarankan untuk mencoba mengolah bunga papaya ini menjadi bentuk olahan lain. Mengingat banyaknya manfaat dari bunga papaya disarankan agar masyarakat mengkonsumsi nugget bunga papaya secara rutin.



Daftar Pustaka
Arifianto, Anto H., Agustina Verawati, Ria Anggraini 2017. Macam-Macam Penelitian Eksperimen

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGOLAH TERONG POKAK MENJADI BROWNIES DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN 2017