PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN 2017
PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN
PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO
Jl. Ponorogo – Trenggalek, Sambit, Ponorogo (0352) 311285
Blog : perpustakaansmansambit.blogspot.com
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 KECAMATAN SAMBIT
TAHUN
PELAJARAN 2016 / 2017
MARSUDIONO,
S.Pd
NIP
19740821 200701 1 008
2017
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
I. PENDAHULUAN
Karena pentingnya peran perpustakaan sekolah maka
perlu manajemen yang tepat sehingga
fungsi perpustakaan sekolah dapat terwujud. Perpustakaan sekolah harus mampu memenuhi kebutuhan
penggunanya dengan memberi berbagai pengetahuan dan informasi secara
mudah dan cepat di era informasi saat ini. Untuk itu diperlukan pengelolaan perpustakaan yang profesional.
Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi tugas pokok dan
fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah.
Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi
ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge ( pusat
pengetahuan ) dapat terealisasi secara optimal. dan tidak lagi
dianggap sebagai tempat seperti museum yang menyimpan buku-buku kuno.
Program kerja ini bermaksud
menjadi panduan untuk mewujudkan peran perpustakaan yang mampu memberi layanan
prima kepada seluruh warga sekolah. Dengan demikian diharapkan perpustakaan
sekolah bisa menjadi tempat dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan.
Visi
Perpustakaan SMAN 1 Sambit
Menjadikan
Perpustakaan SMAN I Sambit sebagai wahana pengembangan kegiatan belajar
Misi
Perpustakaan SMAN 1 Sambit
1.
Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca
2.
Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta
memanfaatkan informasi.
3.
Mendidik peserta didik agar dapat memelihara dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil guna.
4.
Memberi layanan yang layak dan berkualitas kepada
peserta didik maupun guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran
II.
Dasar Hukum
1.
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2.
Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
3.
Undang-Undang
Repulik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,
4.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Repubik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar
Tenaga Perpustakaan Sekolah.
III. Tujuan Umum Perpustakaan
Sekolah
Menjadikan
perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi bagi warga sekolah guna
mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi
serta suksesnya program sekolah.
IV. Tujuan Khusus
1.
Menunjang program belajar / mengajar bagi seluruh peserta
didik/guru.
2.
Sebagai sumber informasi bagi peserta didik/guru.
3.
Memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan.
4.
Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan
informasi.
V. Tujuan Strategis
1.
Mewujudkan kualitan dan kuantitas buku
bacaan dan referensi,
2.
Memberikan layanan prima kepada semua warga sekolah dan
menerapkan administrasi perpustakaan yang profesional dan akuntabel.
VI. Fungsi
Perpustakaan Sekolah
1.
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat
belajar mengajar, pusat informasi, dan pusat penelitian sederhana .
- Sumber
rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga
administrasi dan pegawai yang berada di Sekolah
- Sarana
pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan
nasional;
- Pusat
informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
5.
Sumber
yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan
belajar mengajar.
VII. Sasaran
1.
Semua peserta didik SMA Negeri 1 Kec. Sambit.
2.
Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 1
Kec. Sambit
3.
Semua Karyawan SMA Negeri 1 Kec. Sambit
VIII.
Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja
perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum
akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan
misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan
suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
IX.
Program Kerja Bulanan
BULAN
|
PROGRAM KERJA
|
Juli
|
Ø Mendata Ulang
fasilitas penunjang perpustakaan
Ø Pengolahan bahan pustaka
yang baru
Ø Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
Ø Mendata ulang koleksi
buku perpustakaan dan buku paket
Ø Mendata buku
yang rusak dan hilang
Ø Memperbaiki buku
yang rusak
Ø Melayani
pendaftaran anggota baru
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Agustus
|
Ø Pengolahan bahan
pustaka yang baru
Ø Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul
Ø Memperbaiki buku
yang rusak
Ø Melayani
pendaftaran anggota baru
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat buku
presensi pengunjung perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
September
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Oktober
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Selasa
|
November
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Desember
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Januari
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Pebruari
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Maret
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta
didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
April
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Mei
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Mengadakan lomba membuat resensi
buku
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Juni
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Membuat blog
perpustakaan
Ø Penerbitan
Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai
syarat pengambilan Ijazah.
Ø Membuat laporan
bulanan
Ø Mengadakan lomba membuat resensi
buku
|
X. PROGRAM
JANGKA PENDEK
1.
Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan
sesuai kebutuhan.
2.
Membuat
blog perpustakaan
3.
Mengadakan
lomba membuat resensi buku
4.
Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka
sehingga memudahkan penggunaannya.
5.
Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana,
mudah dan menarik.
6.
Meningkatkan minat baca murid, guru, dan karyawan.
7.
Menambahkan
koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan
perpustakaan.
8.
Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak
cepat rusak.
9.
Menerbitkan
kartu perpustakaan bagi peserta didik, guru dan staf tata laksana.
10.
Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan :
kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll.
11.
Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka.
12.
Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP)
bagi peserta didik kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah.
XI. PROGRAM JANGKA PANJANG
1.
Menerapkan
E-Library learning.
2.
Merealisasikan
kualitas dan kuantitas buku
minimal 7.000 judul dengan 15.000 eksemplar.
3.
Terciptanya
ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
4.
Menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain di dalam dan di luar negeri.
XII.
JENIS-JENIS LAYANAN
PERPUSTAKAAN
1.
Peminjaman dan pengembalian
berbagai jenis koleksi perpustakaan.
3.
Kegiatan
belajar mengajar di dalam ruang
perpustakaan.
4.
Penyediaan terbitan berseri surat kabar / koran (Jawa
Pos,).
XIII.
STRUKTUR ORGANISASI
STRUKTUR
ORGANISASI PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 KECAMATAN SAMBIT PONOROGO
KEPALA
SEKOLAH
AGUS PRASMONO, M.PD
|
KEPALA
PERPUSTAKAAN
MARSUDIONO,
S.Pd
|
PETUGAS
PERPUSTAKAAN
|
LAYANAN
TEKNIS
|
LAYANAN
SIRKULASI/ PEMBACA
PAINTEN
|
XIV.
PENUTUP
Program kerja Perpustakaan SMA Negeri 1 Kec. Sambit ini merupakan acuan,
pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi
titik awal kemajuan Perpustakaan SMA Negeri 1 Kec. Sambit. Peran serta semua
pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh karena itu, diharapkan semua
pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka
merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
|
Sambit, 2 Januari 2017
Kepala
Perpustakaan
MARSUDIONO,
S.Pd
NIP
19740821 200701 1 008
|
Komentar
Posting Komentar