PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMAN 1 SAMBIT, PONOROGO 2017/2018


PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
PERPUSTAKAAN
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SAMBIT
email: sman1sambitponorogo@gmail.com web: www.smasambit-po.sch.id


PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 1 SAMBIT
TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018





 


Disusun oleh:

MARSUDIONO, S.Pd
NIP 19740821 200701 1 008

 

2017

 
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I. Pendahuluan
Karena pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu  manajemen yang tepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah dapat terwujud. Perpustakaan sekolah harus mampu memenuhi kebutuhan penggunanya dengan memberi berbagai  pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era informasi saat ini. Untuk itu diperlukan pengelolaan  perpustakaan  yang profesional.
Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi tugas pokok dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge     ( pusat pengetahuan ) dapat terealisasi secara optimal. dan tidak lagi dianggap sebagai tempat seperti museum yang menyimpan buku-buku kuno.
Program kerja ini bermaksud menjadi panduan untuk mewujudkan peran perpustakaan yang mampu memberi layanan prima kepada seluruh warga sekolah. Dengan demikian diharapkan perpustakaan sekolah bisa menjadi tempat dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan.

Visi Perpustakaan SMAN 1 Sambit
Menjadikan Perpustakaan SMAN I Sambit sebagai wahana  pengembangan kegiatan belajar.
Misi Perpustakaan SMAN 1 Sambit
1.      Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca.
2.      Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
3.      Mendidik peserta didik agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil guna.
4.      Memberi layanan yang layak dan berkualitas kepada peserta didik maupun guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran.



II.                Dasar Hukum
1.     Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
3.     Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,
4.     Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Repubik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah.

III.             Tujuan Umum Perpustakaan Sekolah
Menjadikan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi bagi warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program sekolah.

IV.             Tujuan Khusus
1.      Menunjang program belajar / mengajar bagi seluruh peserta didik/guru.
2.      Sebagai sumber informasi bagi peserta didik/guru.
3.      Memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan.
4.      Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.

V.                Tujuan Strategis
1.     Meningkatkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi,
2.    Memberikan layanan prima kepada semua warga sekolah dan menerapkan administrasi perpustakaan yang profesional dan akuntabel.

VI.             Fungsi Perpustakaan Sekolah
1.      Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, dan pusat penelitian sederhana .
  1. Sumber rujukan (reference centre) peserta didik, guru, dan karyawan yang berada di Sekolah.
  2. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional.
  3. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
5.    Penyedia bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar.
VII.          Sasaran
1.      Semua peserta didik SMA Negeri 1 Sambit.
2.       Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 1 Sambit
3.      Semua Karyawan SMA Negeri 1 Sambit

VIII.       Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

IX.             Program Kerja Bulanan
BULAN
PROGRAM KERJA
Juli
Ø Mendata Ulang fasilitas penunjang perpustakaan
Ø  Pengolahan bahan pustaka yang baru
Ø Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul, dll
Ø  Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket
Ø Mendata buku yang rusak dan hilang
Ø Memperbaiki buku yang rusak
Ø Melayani pendaftaran anggota baru
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat laporan bulanan
Agustus
Ø Pengolahan bahan pustaka yang baru
Ø Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul, dll
Ø Memperbaiki buku yang rusak
Ø Melayani pendaftaran anggota baru
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat buku presensi pengunjung perpustakaan
Ø Membuat laporan bulanan
September
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Oktober
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Membuat laporan bulanan
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
November
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Desember
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Januari
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan lomba membuat resensi buku
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Pebruari
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Maret
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
April
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan bulanan
Mei
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Memilih tiga peserta didik yang terajin ke perpustakaan
Ø Membuat laporan bulanan
Juni
Ø Melayani peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah.
Ø Membuat laporan bulanan

X.                PROGRAM JANGKA PENDEK
1.    Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan.
2.    Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi.
3.    Mengadakan lomba membuat resensi buku
4.    Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka sehingga memudahkan penggunaannya.
5.    Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik.
6.    Meningkatkan minat baca murid, guru, dan karyawan.
7.     Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan perpustakaan.
8.    Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
9.     Menerbitkan kartu perpustakaan bagi peserta didik, guru dan staf tata laksana.
10.     Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan : kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll.
11.     Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka.
12.     Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah.


XI.              PROGRAM JANGKA PANJANG
1.    Menerapkan E-Library learning.
2.     Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 7.000 judul dengan 15.000 eksemplar.
3.     Terciptanya ruangan perpustakaan yang nyaman, aman, memadai, kondusif dan menyenangkan.
4.    Menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain di dalam dan di luar negeri.
XII.          JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
    1.   Peminjaman dan pengembalian berbagai jenis koleksi perpustakaan.
    2.   Kegiatan  belajar  mengajar di dalam ruang perpustakaan.
    3.   Penyediaan terbitan berseri surat kabar / koran (Jawa Pos,).
XIII.       STRUKTUR ORGANISASI
STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN
SMA NEGERI 1 SAMBIT, PONOROGO
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KEPALA SEKOLAH
 AGUS PRASMONO, M.Pd
 
KEPALA PERPUSTAKAAN
 MARSUDIONO, S.Pd

LAYANAN TEKNIS
 PAINTEN

LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
 KUSUMA KHOIRONI, S.Pd

LAYANAN PEMUSTAKA
 PAINTEN
 




XIV.       PENUTUP
        Program kerja Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan  SMA Negeri 1 Sambit. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat


 



Mengetahui
Kepala Sekolah
SMAN I Sambit






AGUS PRASMONO, M.Pd
NIP. 19660516 198903 1 006

Sambit, 17 Juli  2017
Kepala Perpustakaan
SMAN I Sambit






MARSUDIONO, S.Pd
NIP 19740821 200701 1 008


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGOLAH BUNGA PEPAYA MENJADI NUGGET DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU

MENGOLAH TERONG POKAK MENJADI BROWNIES DENGAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMAN I SAMBIT, PONOROGO