PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMAN 1 SAMBIT, PONOROGO 2017/2018
PEMERINTAH PROVINSI
JAWA TIMUR
|
DINAS PENDIDIKAN
|
PERPUSTAKAAN
|
SEKOLAH MENENGAH
ATAS NEGERI 1 SAMBIT
|
email:
sman1sambitponorogo@gmail.com web: www.smasambit-po.sch.id
|
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 SAMBIT
TAHUN
PELAJARAN 2017 / 2018
Disusun
oleh:
MARSUDIONO,
S.Pd
NIP
19740821 200701 1 008
2017
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
I. Pendahuluan
Karena pentingnya peran perpustakaan sekolah maka
perlu manajemen yang tepat sehingga
fungsi perpustakaan sekolah dapat terwujud. Perpustakaan sekolah harus mampu memenuhi kebutuhan
penggunanya dengan memberi berbagai pengetahuan dan informasi secara
mudah dan cepat di era informasi saat ini. Untuk itu diperlukan pengelolaan perpustakaan yang profesional.
Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi tugas pokok dan
fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah.
Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi
ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge ( pusat pengetahuan ) dapat
terealisasi secara optimal. dan tidak lagi dianggap sebagai tempat seperti
museum yang menyimpan buku-buku kuno.
Program kerja ini bermaksud
menjadi panduan untuk mewujudkan peran perpustakaan yang mampu memberi layanan
prima kepada seluruh warga sekolah. Dengan demikian diharapkan perpustakaan
sekolah bisa menjadi tempat dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan.
Visi
Perpustakaan SMAN 1 Sambit
Menjadikan
Perpustakaan SMAN I Sambit sebagai wahana pengembangan kegiatan belajar.
Misi
Perpustakaan SMAN 1 Sambit
1.
Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca.
2.
Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta
memanfaatkan informasi.
3.
Mendidik peserta didik agar dapat memelihara dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat dan berhasil guna.
4.
Memberi layanan yang layak dan berkualitas kepada
peserta didik maupun guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
II.
Dasar Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2. Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
3. Undang-Undang Repulik Indonesia
Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,
4. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Repubik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga
Perpustakaan Sekolah.
III.
Tujuan Umum
Perpustakaan Sekolah
Menjadikan
perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber informasi bagi warga sekolah guna
mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi
serta suksesnya program sekolah.
IV.
Tujuan
Khusus
1.
Menunjang program belajar / mengajar bagi seluruh peserta
didik/guru.
2.
Sebagai sumber informasi bagi peserta didik/guru.
3.
Memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan.
4.
Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta
memanfaatkan informasi.
V.
Tujuan
Strategis
1.
Meningkatkan kualitas dan kuantitas
buku bacaan dan referensi,
2.
Memberikan layanan prima kepada semua warga sekolah dan
menerapkan administrasi perpustakaan yang profesional dan akuntabel.
VI.
Fungsi
Perpustakaan Sekolah
1.
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat
belajar mengajar, pusat informasi, dan pusat penelitian sederhana .
- Sumber rujukan (reference centre) peserta didik, guru, dan karyawan yang berada di Sekolah.
- Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional.
- Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
5.
Penyedia
bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar.
VII.
Sasaran
1.
Semua peserta didik SMA Negeri 1 Sambit.
2.
Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 1
Sambit
3.
Semua Karyawan SMA Negeri 1 Sambit
VIII. Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja
perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum
akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan
misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan
suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
IX.
Program Kerja Bulanan
BULAN
|
PROGRAM KERJA
|
Juli
|
Ø Mendata Ulang
fasilitas penunjang perpustakaan
Ø Pengolahan bahan pustaka
yang baru
Ø Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul, dll
Ø Mendata ulang koleksi
buku perpustakaan dan buku paket
Ø Mendata buku
yang rusak dan hilang
Ø Memperbaiki buku
yang rusak
Ø Melayani
pendaftaran anggota baru
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Agustus
|
Ø Pengolahan bahan
pustaka yang baru
Ø Membuat NIB,
Pengklasifikasian buku, katalog, Cap, Nomor punggung buku, Sampul, dll
Ø Memperbaiki buku
yang rusak
Ø Melayani
pendaftaran anggota baru
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian buku paket
Ø Membuat buku
presensi pengunjung perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
September
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Oktober
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Membuat laporan
bulanan
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
|
November
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Desember
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Januari
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan lomba membuat resensi
buku
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Pebruari
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Maret
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
April
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Mei
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Mengadakan
English Day di lingkungan perpustakaan setiap hari Senin.
Ø Memilih tiga
peserta didik yang terajin ke perpustakaan
Ø Membuat laporan
bulanan
|
Juni
|
Ø Melayani
peminjaman dan pengembalian
Ø Memanggil
peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman
Ø Mengaktifkan
blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi
Ø Penerbitan
Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas IX sebagai
syarat pengambilan Ijazah.
Ø Membuat laporan
bulanan
|
X.
PROGRAM
JANGKA PENDEK
1.
Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan
sesuai kebutuhan.
2.
Mengaktifkan blog perpustakaan dengan berbagi berbagai informasi.
3.
Mengadakan
lomba membuat resensi buku
4.
Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka
sehingga memudahkan penggunaannya.
5.
Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana,
mudah dan menarik.
6.
Meningkatkan minat baca murid, guru, dan karyawan.
7.
Menambahkan
koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan
perpustakaan.
8.
Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak
cepat rusak.
9.
Menerbitkan
kartu perpustakaan bagi peserta didik, guru dan staf tata laksana.
10.
Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan :
kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll.
11.
Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan
pustaka.
12.
Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP)
bagi peserta didik kelas IX sebagai syarat pengambilan Ijazah.
XI.
PROGRAM
JANGKA PANJANG
1.
Menerapkan
E-Library learning.
2.
Merealisasikan
kualitas dan kuantitas buku
minimal 7.000 judul dengan 15.000 eksemplar.
3.
Terciptanya
ruangan perpustakaan yang nyaman, aman, memadai, kondusif dan menyenangkan.
4.
Menjalin kerjasama dengan perpustakaan lain di dalam dan di luar negeri.
XII.
JENIS-JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
1. Peminjaman dan pengembalian berbagai jenis koleksi perpustakaan.
2. Kegiatan belajar mengajar di dalam ruang perpustakaan.
3. Penyediaan terbitan berseri surat kabar / koran (Jawa Pos,).
XIII. STRUKTUR
ORGANISASI
STRUKTUR
ORGANISASI PERPUSTAKAAN
SMA
NEGERI 1 SAMBIT, PONOROGO
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
KEPALA
SEKOLAH
AGUS
PRASMONO, M.Pd
|
KEPALA
PERPUSTAKAAN
MARSUDIONO,
S.Pd
|
LAYANAN
TEKNIS
PAINTEN
|
LAYANAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KUSUMA
KHOIRONI, S.Pd
|
LAYANAN
PEMUSTAKA
PAINTEN
|
XIV. PENUTUP
Program kerja Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit ini
merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini
diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan Perpustakaan SMA Negeri 1 Sambit.
Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Oleh karena itu,
diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak
langsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SMAN I
Sambit
|
|
Sambit, 17
Juli 2017
Kepala
Perpustakaan
SMAN I
Sambit
MARSUDIONO,
S.Pd
NIP
19740821 200701 1 008
|
Komentar
Posting Komentar